ODHA Bisa Lebih Rentan Terkena TB

HIV ialah virus yang mengakibatkan kerusakan skema kebal badan manusia yang mengakibatkan AIDS. Mengakibatkan, mereka yang menderita virus atau penyakit ini begitu rawan pada beberapa jenis penyakit, termasuk juga tuberkolosis (TB).

Pakar Paru Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia (FKUI) dr Anna Rozaliyani, MBiomed, SpP menjelaskan orang yang hidup dengan AIDS (ODHA) begitu rawan terkena TB sebab berkurangnya ketahanan badan mereka

“Dengan menurunnya daya tahan tubuh, maka akan dengan mudah terserang penyakit terutama TB,” ujar Anna dalam Seminar HIV & TB di Balai Kota Depok, Rabu (26/11/2014).

Tidak hanya orang berkapasitas tahan badan rendah sebab HIV/AIDS, mereka yang rawan diserang TB ialah orang yang berpenyakit akut diabetes militus, serta perokok aktif

“Indonesia urutan ranking 5 terbanyak kasus TB tahun 2008. Tahun 2007 ranking 3 sesudah India, China. Sekarang, Indonesia berada di peringkat empat. Penyakit ini telah menyebabkan 67.000 orang meninggal setiap tahun, atau 183 orang per hari,” ujar pakar paru di RSU Bunda Menteng, Margonda dan RS Graha Permata Ibu ini.

Anna mengatakan penyakit TB serta HIV seperti kejadian gunung es yang dappat menyerang siapapun tidak kenal status sosial serta umur. TB serta HIV telah jadi masalah darurat dunia dengan Tubuh Kesehatan Dunia (WHO) sudah memberi teguran spesial.

“Semua bisa terpapar. Bukan cuma yang badannya kurus, semua bisa kena TB. Bayangkan jika seorang guru yang sakit TB, batuk, dapat menularkan ke siswanya, lalu naik kereta api, ke pasar, bukan tak mungkin tak terancam. Miris juga prilaku masyarakat Indonesia yang kerap membuang dahak di sembarang tempat,” papar Anna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*