Ternyata Pria Bisa Mengalami Gangguan Kesuburan

Besaran permasalahan masalah kesuburan di Indonesia sampai sekarang ini masih tetap cukuplah tinggi. Hasil Survey Demografi serta Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, menunjukkan pada 2007, terdaftar sekitar 3,7% pria menikah alami masalah kesuburan, sesaat wanita 1,2%. Pada 2012, pembagian pria serta wanita yang alami masalah kesuburan tidak berlainan jauh yakni pria pada tingkat 1,2% serta wanita 1,1%.

Berdasar pada data itu, menunjukkan jika masalah kesuburan tidak cuma dihadapi wanita akan tetapi dapat juga dihadapi oleh pria. “Pria dapat juga miliki permasalahan serta persentasenya hampir serupa,” tutur dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG(K) waktu acara Overview & Outlook Perlakuan Masalah Kesuburan di Indonesia di lokasi Menteng, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Biasanya masalah kesuburan pada pria dikarenakan oleh produksi sperma di testis atau kualitas sperma. Dimana sperma tidak dapat di produksi bila testis dalam suhu tinggi. Keadaan ini biasanya dihadapi oleh pria yang sering terkena suhu tinggi seperti seringkali berendam air panas, sauna, chef yang memasak dekat kompor, rider sepeda serta menggunakan celana ketat.

Diluar itu tiada diakui, rutinitas yang lain dapat juga mengakibatkan masalah kesuburan. Contohnya menaruh handphone di kantong celana yang bisa tingkatkan suhu testis serta memengaruhi produksi sperma sampai memangku laptop. Disebutkan dr. Beeleonie, radiasi dari benda elektronik itu bisa mengakibatkan kerusakan kualitas sperma pria.

Paling akhir, pola hidup tidak sehat dapat juga memengaruhi kualitas sperma pria seperti merokok serta minuman mengandung alkohol. “Rokok ialah musuh penting sperma,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*