Kardio Baik Bagi Penderita Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi (DE) adalah masalah seksual yang sangat banyak dirasakan sesudah ejakulasi awal oleh pria berumur 40—80 tahun di semua dunia. Biasanya, disfungsi ereksi dikarenakan oleh faktor-faktor termasuk juga sebab tanda-tanda penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, stres serta tanda-tanda kemih bawah.

“Penyakit ginjal kronis, multiple sclerosis, penyakit peyronie dan cedera yang berhubungan dengan perawatan terhadap kanker prostat merupakan beberapa penyakit dan gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan DE. Selain itu, faktor fisik dan psikologis juga dapat menyebabkan DE,” papar dokter spesialis andrologi RSUP Fatmawati, dr. Nugroho Setiawan, Sp. And.

“Kondisi fisik seperti kerusakan saraf, arteri, otot polos dan jaringan ikat di penis dapat menyebabkan DE. Stres dan masalah hubungan personal adalah beberapa penyebab psikologis yang dapat memicu dan memperburuk DE,” tambahnya.

Meskipun begitu, disfungsi ereksi dapat diobati lewat cara pergantian pola hidup yang lebih sehat. Seperti rajin olahraga. Disebutkan dr. Nugroho, berolahraga yang pas untuk pasien disfungsi ereksi ialah berolahraga kardio. Dimana berolahraga ini dapat tingkatkan denyut jantung hingga jantung dapat jadi makin kuat.

“Gaya hidup harus bagus. Orang wajib olahraga. Olahraga apa yang bagus untuk DE? Olahraga bagus itu yang kardio yang jantungnya degdegan. Olahraga kardio sangat disarankan. Sebab, olahraga ini membuat jantung berdebar lebih cepat dan ini baik untuk peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh,” sarannya.

Dari bermacam type berolahraga kardio, dr Nugroho merekomendasikan untuk lari. “Ingin lari. Berolahraga kardio juga ada ketentuannya. Minimalnya 30 menit /hari. Jika satu minggu 5 hari. Nadinya 120 per menit. Ini mengisyaratkan jantung kerja dengan baik,” tutur ia.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*